Google drive adalah media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Google pada tanggal 24 April 2012. Pada dasarnya layanan Google Drive sama seperti cloud storage lain semacam dropbox atau OneDrive.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk dekstop ataupun smartphone. Pada beberapa jenis ponsel Google Drive atau GDrive menjadi aplikasi bawaan yang terinstal secara otomatis di sistem.

Di google drive kita dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 Gigabyte. Jika ingin lebih dari itu maka kita harus upgrade account.

Fungsi Google Drive

Google drive mempunyai beberapa fungsi utama untuk para penggunanya. Beberapa fungsi tersebut diantaranya:

1. Untuk Menyimpan File

Fungsi utama Google Drive adalah sebagai media penyimpanan data dengan Google Drive ikan dapat menyimpan data dalam bentuk dokumen gambar atau apapun pada media penyimpanan online tanpa harus menyediakan storage atau media penyimpanan offline seperti ram ataupun hardisk

2. Berbagi File

Dengan menggunakan Google Drive kita dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi konfigurasi yang rumit kita dapat berbagi file secara langsung dengan mengundang pengguna lain melalui Link yang kita berikan atau pun kita undang melalui alamat email

3. Edit File

Kita dapat melakukan editing data langsung tanpa harus mengunduhnya. GDrive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet. aplikasi tersebut berfungsi mirip seperti ms word atau excel hanya saja berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software.

4. Melakukan BackUp Data

Sebetulnya ini sama seperti poin pertama, Google drive digunakan untuk membackup data baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lunak lainnya.

Secara pribadi penulis sering menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan file-file yang terdapat pada website agar nantinya ketika terjadi sesuatu pada website kita dapat merestar kembali file-file tersebut dengan bantuan software pihak ketiga.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Google Drive mempunya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dalam website profile aplikasi ini, setidaknya mereka menawarkan 4 kelebihan.

1. Jumlah Memori Penyimpanan Cukup Besar (15 GB)

Dalam versi free, GDrive memberikan memori sebesar 15 GB yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data-data. Kita hanya perlu melakukan upgrade akun jika menginginkan memori penyimpanan tambahan.

2. Dapat Menyimpat Berbagai Data (Keep Any File)

Seperti dijabarkan sebelumnya, kita dapat menyimpan data dalam bentuk apapun ke GDrive, entah itu teks dokumen, gambar, audio dan file file lain.

3. Dapat Berbagi File (Share What you Want)

File-file yang tersimpan dapat kita bagikan pada teman-teman yang kita kehendaki, baik melalui whatsapp, facebook, messenger, easyShare ataupun pesan teks sms.

4. Data Tersimpan Aman (Safe and Secure)

Rasanya kita tidak perlu meragukan developer-developer yang bekerja di Google company. tentu mereka orang-orang terbaik yang memiliki kehandalan dalam hal teknologi dan keamanannya. Walaupun dalam dunia IT ada filosofi “tidak ada data yang aman”.

Untuk kekurangan, penulis rasa kekurangan media penyimpanan ini lebih ke cara penggunaan. Pengguna yang akan mengupload atau mengakses data harus terkoneksi ke jaringan Internet, meskipun sebenarnya GDrive menyuguhkan fitur agar data bisa digunakan ketika offline.

 

sumber : https://salamadian.com/author/ainun-dtf/

 62 total views,  2 views today