Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan windows, pasti masih asing dengan istilah Linux. Apalagi istilah Kali Linux. Biasanya perbedaan yang mencolok diantar windows dan linux ialah tampilannya.

Jika windows tampilannya muncul seperti beberapa ikon pilihan menu, namun di linux tampilannya lebih polos dan pengaturannya kebanyakan harus menggunakan koding lagi. Cocok bagi anda yang ingin belajar hacker.

Nah, bagi anda para Hacker pasti sudah tidak asing lagi dengan BackTrack, yaitu sebuah distro linux yang bertujuan untuk penetration dan testing keamanan pada sistem jaringan. Kali Linux mempunyai kurang lebih 300 tools yang ada di dalamnya dengan fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas tentang Apa itu Kali Linux Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerjanya.

Apa Itu Kali Linux

Kali Linux adalah system operasi berbasis debian linux yang di kembangkan oleh offensive Security. Dari segi tampilan Kali Linux memiliki tampilan sederhana dan tidak terlalu mencolok dan penggunaanya pun tergolong cukup mudah, sehingga sangat baik untuk para Pemula dalam melakukan penetrasi pada jaringan. Selain terdapat di PC, Kali Linux juga membuat ROM yang terdapat di Android yang disebut Kali Nethunter yang memiliki fungsi yang sama.

Kali Linux merupakan reinkarnasi daripada BackTrack, salah satu distri Linux yang diciptakan secara khusus supaya bisa memenuhi keperluan dalam penetration juga testing di sebuah system serta keamanan pada computer. Adanya Kali Linux diperkirakan akan lebih stabil serta powerful dari generasi yang sebelumnya adalah BackTrack. Pengembangan secara penuh sesuai dengan standar pengembangan pada Debian. Perilisan paling barunya sekarang ini yaitu Kali Linux 1.0.7 yang telah rilis pada Mei 2014.

Kali Linux telah dikembangkan serta didanai Offensive Security. Sama dengan pendahulunya yaitu BackTrack. Saat ini Kali Linux telah dikembangkan dengan cara open source serta tentu bisa didapatkan dengan gratis. Anda dapat melakukan perubahan di Kali Linux sesuai dengan keinginan anda, ada banyak lebih dari 300 tools yang harus di penerration testing dalam Kali Linux.

Penampilan yang ada pada system operasi yang mempunyai basis Linux ini dari segi penampilannya sangat sederhana serta tidak mencolok, penggunaan masuk golongan mudah, dengan demikian sangat bagus digunakan untuk pemula yang ingin melakukan penetration di jaringan. Bukan hanya di PC saja, adanya Kali Linux dapat menciptakan ROM yang ada di system Android yang dikenal dengan Kali Nethunter yang punya fungsi sama.

Sejarah Kali Linux

Linux sendiri berarti Unix clone, kernel yang ditulis oleh Linus Torvalds dan dikembangkan dengan bantuan programer dan hackers dari seluruh dunia.

Linux memiliki semua feature yang dimiliki oleh Unix, termasuk multitasking, virtual memory, shared libraries, demand load, shared copy on write executables, proper memory management dan TCP/IP networking.

Dengan feature sekelas ‘real operating system’ tersebut tidak membuat Linux menjadi mahal harganya, justru Linux dapat diperoleh secara gratis. Kalaupun ada sedikit charge itu hanya sebagai ongkos distribusi atau pembelian cd belaka.

Linux di distribusikan dibawah GNU General Public License yaitu suatu lisensi dimana pemilik program tetap memegang hak ciptanya tetapi orang lain dimungkinkan menyebarkan, memodifikasi atau bahkan menjual kembali program tersebut tapi dengan syarat source code asli harus tetap disertakan dalam distribusinya.

Linux pertama kali dikembangkan untuk PC berbasis 386/486 dan kemudian dikembangkan juga untuk mesin-mesin lain.Hingga saat ini Linux juga berjalan di mesin DEC Alpha, SUN Sparcs, M68000,MIPS serta PowerPC.

Linux bisa berjalan hanya dengan 150Mb space hard disk,2 Mb RAM tapi secara realistis tentunya dibutuhkan ruang lagi untuk development tools, data dan sebagainya maka dibutuhkan sekitar 250Mb space HD dan 12-16Mb RAM.

Sebagai sistem operasi modern Linux mendukung banyak sekali hardware yang beredar di pasaran tapi beberapa memang tidak didukung karena masalah teknis atau sekelompok sukarelawan sedang sedang mengusahakan driver-nya. Untuk mengecek hardware apa saja yang bisa berjalan di bawah Linux silakan lihat hardware compability di Redhat.

Kelebihan Kali Linux

Nah, setelah mengetahui pengertian dari Kali Linux, Selanjutnya anda wajib mengetahui tentang kelebihan Kali Linux berikut ini :

 

  1. Stremaing Security serta update package dari repositori Debian
    Sinkronisasi dengan repositori Debian 4 kali sehari, terus memberikan Anda dengan update paket terbaru dan perbaikan keamanan yang tersedia.
  2. Packaging file Debian dari masing – masing tools Kali Linux
    Jadi tool-tool pada Kali linux bisa di gunakan oleh distro yang lain yang masih turunan dari linux Debian, seperti Ubuntu, Blankon, dll
  3. Pemaketan/packaging jangka panjang & sering maintenance pada bug-bug di tools-nya
  4. Bisa menggunakan banyak desktop evironment misal KDE, LXDE, XFCE
  5.  Kemudahan update untuk versi kali linux terbaru
  6.  Support jangka panjang pada pengembangan jangka panjang pada ARM Hardware
  7.  Automatis Instalasi pada Kali
  8.  Costum ISO & Boostraps

Dan masih banyak yang lain , tetapi pada dasarnya Kali Linux adalah distro versi 6 dari Backtrack hanya saja di rubah namanya jadi so pasti akan ada kelebihan yang di berikan . Dari kelebihan ini, yang paling mencolok yaitu adanya support yang kuat dari Debian yang merupakan nenek moyang dari Kali Linux.

Kekurangan Kali Linux

Kali Linux selain dengan segala kemudahannya karena open source, juga memiliki kekurangan. Yuk, simak kekurangan Kali Linux berikut ini :

  1. Sistem operasi Kali Linux sulit untuk dipelajari, terutama yang belum mempunyai
    kemampuan komputer sama sekali
  2. Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux
  3. Tampilan dari sistem operasi ini kurang menarik
  4. Tidak banyak dukungan dari hardware-hardware tertentu

 

Fitur – Fitur Kali Linux

Di kali linux ini terdapat fitur fitur yang mungkin pada backtrack telah ada namun telah di sempurnakan oleh sang developer,berikut fitur fitur nya di bawah ini.

  1. Terdapat 300 lebih alat penetration testing yang telah di sempurnakan.
  2. Gratis sampai kapan pun
  3. Open source git tree
  4.  Mengikuti FHS complaint
  5. Dukungan perangkat wireless yang luas
  6. Modifikasi kernel yang sudah di patch untuk injection
  7. Lingkungan pengembang yang aman
  8. Mempunyai banyak bahasa
  9. Dapat di modifikasi sesuka hati
  10.  Mendukung ARMEL dan ARMHF.

 

Kali Linux merupakan pembangunan kembali BackTrack Linux secara sempurna, mengikuti sepenuhnya kepada standar pengembangan Debian. Semua infrastruktur baru telah dimasukkan ke dalam satu tempat, semua tools telah direview dan dikemas, dan kami menggunakan Git untuk VCS nya.

Kesimpulan dan Penutup

Kali Linux merupakan sebuah system operasi berbasis debian linux yang cukup mudah digunakan oleh pemula. Bahkan, Kali linux ini bisa di gunakan oleh distro yang lain yang masih turunan dari linux Debian, seperti Ubuntu, Blankon.

Fitur – fitur Kali Linux sendiri juga beragam seperti mempunyai 300 lebih alat penetration testing, Gratis sampai kapan pun, Open source git tree, Mengikuti FHS complaint, hingga Dukungan perangkat wireless yang luas.

Nah, buat anda yang ingin belajar hacker sangat disarankan mengetahui definisi hingga fungsi dari Kali Linux. Karena biasanya setiap kernel dari kali linux sangat flexibel dan dapat beradaptasi dengan turunan linux lainnya.

.

.

.

.

.

All words belong to : idcloudhost.com

 147 total views,  1 views today