Password manager merupakan salah satu layanan penting untuk menyimpan kata sandi dengan aman. Saat ini ada banyak password manager yang bisa digunakan, gratis dan berbayar.

Password manager pada dasarnya adalah brankas digital terenkripsi yang menyimpan informasi login untuk mengakses berbagai aplikasi di perangkat mobile, situs web, dan layanan internet lain.

Pengamat Keamanan Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengungkapkan penggunaan password manager dapat membuat informasi login menjadi lebih aman dan mudah.

Keamanan Kuat

Selain itu, password manager juga memiliki fitur keamanan yang baik mengingat banyak data penting disimpan di dalamnya. Data-data tersebut, kata Alfons, dienkripsi sedemikian rupa sehingga tidak mudah diretas oleh penjahat siber.

Ia pun menganjurkan untuk individu yang memiliki akun online menggunakan password manager. Menurutnya, jangan hanya mengandalkan fitur keamanan seperti pemindai sidik jari dan PIN.

Salah satu password manager yang disarankan adalah Bitwarden. Open source password manager tersebut bisa digunakan secara gratis.

Alasan Pakai Password Manager

Alfons mengungkapkan ada beberapa alasan harus menggunakan password manager. Pertama, layanan ini akan sangat berguna jika pengguna memiliki banyak akun di berbagai layanan online. Hal ini karena dengan password manager, pengguna akan lebih mudah login tanpa harus memasukan berbagai password berbeda di tiap layanan.

Selain itu, kata sandi di layanan password manager juga memiliki keamanan yang baik. Data yang disimpan di dalamnya juga dienkripsi.

“Bisnis utama Bitwarden dan sejenisnya adalah keamanan, jadi mereka pasti perkuat itu. Akan sangat sulit menjebol database mereka, dan datanya juga sangat dienkripsi,” jelas Alfons.

Alasan lain, layanan ini sangat berguna jika pengguna sering lupa kata sandi dan sering menggantinya. Penggunaannya pun biasanya cukup mudah.

sumber:

https://www.liputan6.com/me/andina.librianty

 234 total views,  2 views today