Dalam proses pengembangan perangkat lunak, para developer tidak lepas dari penggunaan berbagai jenis alat pengembangan software. Salah satu jenis alat pengembangan software adalah IDE dan text editor. Lalu, apakah sebenarnya IDE dan text editor ini? Apa saja aplikasi yang termasuk ke dalam IDE dan text editor? Simak artikel berikut ini.

IDE dan juga text editor memiliki perbedaan. IDE (Integrated Development Environment) merupakan aplikasi yang dapat mengedit source code, memiliki debugger, dan juga fitur code completion.

Sedangkan text editor merupakan aplikasi yang hanya berguna untuk mengedit source code saja, tanpa fitur lain yang dimiliki oleh IDE. Namun text editor ini lebih ringan daripada IDE, sehingga banyak orang yang menggunakannya.
Dibawah ini merupakan list IDE dan text editor yang sering dipakai.

1. Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan text editor yang paling umum digunakan oleh developer. Visual Studio Code adalah salah satu text editor yang paling kaya akan fitur.
Link Download VSC

2. Android Studio

Integrated Development Environment terkenal yang dimiliki oleh JetBrains. IDE ini digunakan untuk proses development aplikasi yang berplatform Android. IDE ini berbasiskan dari Intellij IDEA.
Link Download Android Studio

3. Sublime Text

Sublime adalah text editor yang ringan dan tampilannya simple. Sehingga developer yang masih dan setia dengan text editor yang satu ini. Sublime sendiri adalah text editor yang berbayar, namun kita dapat menggunakannya secara gratis juga.
Link Download Sublime

4. PHP Storm

PHP Storm adalah IDE yang dikhususkan untuk membangun system menggunakan bahasa PHP. PHP Storm sendiri mempunyai fitur yang cukup mumpuni untuk development yang menggunakan system dari PHP. IDE ini juga berbasiskan Intellij IDEA. Namun, IDE ini adalah tools yang berbayar.
Link Download PHP Storm

5. Intellij IDEA

Dan yang terakhir adalah Intellij IDEA. Sebuah IDE yang powerful dibuat oleh JetBrains. IDE ini merupakan dasar dari semua IDE yang dibuat oleh JetBrains.
Link Download Intellij IDEA

Tools diatas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Kalian dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan juga kenyamanan dalam penggunaan kalian dengan IDE atau text editor diatas. Cukup sekian  dari artikel kali ini.

Salam

.

.

Sumber : dev.to

 42 total views,  1 views today